Chinatown: Kota Cina Tradisional di Singapura

Chinatown adalah daerah yang cukup terkenal sebagai tujuan wisata di Singapura. Kalau di Indonesia, Chinatown semacam daerah pecinan yang kental dengan budaya Cina.

Daerah ini bernuansa tradisional Cina, dengan rumah dan budaya tradisional yang masih dipelihara. Bangunan di Chinatown arsitektur tradisionalnya masih tetap dipertahankan.

Di tempat ini anda bisa belanja, makan malam, atau mengunjungi kuil yang berada di daerah ini.

Belanja Souvenir

Banyak kios-kios yang buka di tempat ini. Anda bisa berbelanja souvenir, baju, kaos, dan lainnya di tempat ini.

Harga yang ditawarkan relatif murah dibanding harga di toko. Beberapa souvenir seperti gantungan kunci ada yang dijual $1 per buahnya.

Untuk kaos Singapore, harganya bervariasi ada yang $10 untuk tiga kaos, ada yang $10 hanya dapat satu kaos. Tergantung kualitas bahannya.

Harga yang dijual di Chinatown bisa ditawar, jadi jangan segan-segan menawar.

Makan Malam

Di Chinatown banyak kios-kios makan, yang biasanya baru buka menjelang sore hari. Makanan yang dijual kebanyakan Chinese Food.

Pada malam hari biasanya kios makan tersebut penuh diserbu pengunjung. Jadi bila anda ingin mencoba street food yang enak, anda dapat mencobanya di Chinatown.

Hati-hati bagi yang muslim, karena banyak makanannya yang mengandung lemak babi. Silakan lihat makanan halal Singapore.

Kuil Sri Mariamman

Salah satu tempat yang cukup menarik dikunjungi adalah Sri Mariamman Temple. Kuil ini adalah kuil Hindu tertua di Singapura.

Kuil ini buka setiap hari, anda boleh masuk ke kuil ini tanpa membayar. Namun anda diwajibkan melepas alas kaki alias nyeker bila ingin melihat-lihat ke dalam kuil.

Budget Hotel & Hostel Murah

Bila anda punya rencana liburan ke Singapura, anda bisa tinggal di daerah Chinatown. Hotel di daerah ini banyak yang murah, dan daerahnya cukup nyaman untuk menginap bersama keluarga.

Di sini dapat anda temukan banyak hotel backpacker, dan jaringan hotel 81.

Menuju Chinatown cukup mudah bila menggunakan MRT. Anda tinggal turun di stasiun Chinatown dan keluar Pagoda Street (Exit A).

Waktu terbaik ke tempat ini adalah menjelang malam hari, karena lampu-lampu lampion akan dinyalakan sehingga menambah keceriaan kota.

Pakai MRT dari bandara Changi ke Chinatown?

Chinatown Tour

Bila anda sedang transit di Bandara Changi selama minimal 5 jam, anda dapat mengikuti Cultural Tour gratis ke tempat ini. Selain ke Chinatown, tour ini juga mengunjungi tempat menarik lainnya seperti Little India.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s