Tips berwisata di Singapura

Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1) Sin terkenal sebagai negara dengan banyak sekali aturan yang wajib ditaati, misalnya : Dilarang meludah, membuang sampah, merokok disembarang tempat, dilarang makan permen karet, dilarang makan di kendaraan umum dsb. Jika salah satu aturan ini dilanggar maka anda akan digiring oleh petugas, sebagai turis tunjukkan saja paspor maka biasanya hanya diberi peringatan (tidak sampai didenda).

2) Tempat2 wisata di Sin terkenal dengan kemahalannya, tetapi banyak juga tempat2 menarik yang gratis misalnya ; Singapore City Gallery di Maxwell Road, Singapore Botanic Garden, atraksi cahaya di Bideford Junction (Orchard rd), Musium (mis. Asian Civilisation,Singapore History, Singapore Art khusus Kamis malam jam 19.00 – 21.00), jalan2 disepanjang Singapore River, Clarke Quay,Jalan2 China Town, Bugis, Kampung Glam, Litle India, wilayah Marina bay, menyaksikan air mancur di Suntec City,bahkan Sentosa Island hanya dengan membayar $2 didalam anda bebas naik seatlebus, atau kereta monorail keliling keliling tanpa dipungut biaya lagi.

3) Air minum dalam kemasan mahal ($2), jadi sebaiknya bawa air botol yg bisa diisi ulang (air ledeng di Sin bisa langsung diminum), orang Sin sendri kalau makan diFoodCourt atau di Hawker centre jarang sekali memesan minum, mereka kebanyakan minum dari kuah soupnya saja.

4) Untuk komunikasi ke Indonesia yg paling murah adalah dgn Calling Card, gunakan Hallo Card dari Sing Tel caranya beli kartunya, pakai Telpon hotel/apartemen dan Call No. 18005380062 dengarkan petunjuknya dalam Bahasa Indonesia dan anda bebas bicara dgn biaya yang sangat murah sekitar 3 sen permenit ke Jakarta, ingat biaya roming sangat tinggi kalau menggunakan kartu Indonesia

5) Untuk internet, banyak hotspot di tempat umum seperti mall dan hotel tetapi harus membawa laptop, khusus di Changi airport (disemua terminal) dan Singapore Visitor Centre di Orchard disediakan fasilitas ini gratis tetapi waktunya di batasi sekitar 20 menit.

6) Siapkan NPWP supaya bebas Fiskal, ingat kalau tidak bawa NPWP bayar fiskalnya di Bandara mahal sekali (Rp 2.500.000)

7) Transportasi lebih mudah dan murah naik Bus atau MRT gunakan kartu STP atau EZ Link

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s